TEMBAK KARET ( Timbak Karet)


Main Tembak Karet di Kabupaten Pidie Jaya adalah salah satu jenis permainan tradisional yang umumnya dimainkan oleh anak laki-laki dengan menggunakan karet gelang. Karet gelang yang digunakan untuk menembak satu titik yang sudah ada tumpukan karet dari kumpulan karet para pemain. Tembak karet bisa dimainkan di dinding maupun di tanah yang datar. Permainan tembak  karet ini dilakukan oleh anak-anak dengan membuat 2 kelompok yang berjumlah 3-4 orang.  Masing-masing anggota mengumpulkan karet gelang yang telah ditentukan jumlahnya. Kemudian karet gelang dikumpulkan disatu titik yang sudah ditancap ditanah/ditempel dengan lidi atau kayu cabang.

Adapun peraturan bermain dalam permainan ini sebagai berikut :

a)      Para pemain dibagi menjadi 2 bagian, yaitu tim lawan dan penjaga.

b)      Para pemain membuat 2 kelompok perkelompok berjumlah 3 sampai dengan 4 orang dengan masing-masing memiliki karet gelang

c)      Para pemain membuat anak gacok/kacok (karet yang sudah dianyam) yang dijadikan sebagai alat penembak.

d)     Kemudian anak-anak bergantian menembak titik karet yang telah ditentukan dengan tujuan agar karet tersebut terjatuh atau keluar dari area.

e)      Pemain yang telah menjatuhkan karet tersebut dinyatakan menang dan berhak memiliki semua jumlah karet yang sudah dikumpulkan.


Sumber : Buku Permainan Tradisional Pidie Jaya










 

Posting Komentar

0 Komentar

advertise

Menu Sponsor

Subscribe Text

Ikuti Channel YouTube Budaya Pijay