MAKAM MALEM DAGANG : PANGLIMA PERANG DALAM PERISTIWA PENAKLUKKAN PAHANG


Budayapijay.or.id - Situs ini terletak di desa Meunasah Kumbang Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya. Spesifiknya, makam ini terletak pada koordinat 05’13’10.2” °LU – 096’17’39.2” °BT dan berada pada ketinggian 5 mdpl.



Makam Malem Dagang berada di dalam sebuah bangunan beratap. Makam ini ditandai oleh batu nisan dari batu sungai. Panjang makam adalah 2 meter dengan diameter batu nisan 30 cm. Di atas permukaan makam telah ditaburi batu kerikil dan makam telah dibuat dinding sehingga permukaannya lebih tinggi. Aktifitas renovasi makam ini dilakukan sekitar tahun 1970an oleh masyarakat setempat.


Malem Dangan merupakan seorang tokoh yang berasal dari Madinah. Ia tiba di Meureudu bersama Tgk Japakeh hingga kemudian menetap di Glee Raweu (salah satu kawasan di Pidie Jaya). Malem Dagang adalah seorang panglima perang yang diangkat oleh Iskandar Muda ketika penaklukkan Pahang di Semenanjung Malaysia. Setelah berhasil menaklukkan Pahang, Malem Dagang kemudian kembali ke Pidie dan kemudian menetap di Meunasah Kumbang hingga akhir hayatnya di tahun 1650.

Posting Komentar

0 Komentar

advertise

Menu Sponsor

Subscribe Text

Ikuti Channel YouTube Budaya Pijay