3 November 1950: Perebutan Benteng Victoria

 


Budayapijay.or.id - Benteng Victoria merupakan situs bersejarah yang berada tepat di tengah kota Ambon. Benteng tertua di Ambon ini dibangun oleh Portugis pada tahun 1575 dan kemudian diambil alih oleh Belanda. Belanda kemudian menjadikan benteng ini sebagai pusat pemerintahan untuk eksploitasi kekayaan penduduk asli berupa rempah-rempah yang melimpah di negeri Maluku. 

Di depan Benteng terdapat pelabuhan yang berfungsi sebagai jalur pelayaran antar pulau. Belanda mengangkut rempah-rempah untuk didistribusikan ke berbagai negara di benua Eropa, di samping benteng ini juga terdapat pasar yang menjadi titik temu komunitas perdagangan pribumi. Benteng ini juga berfungsi sebagai tempat pertahanan terhadap berbagai serangan oleh penduduk asli yang membela diri. Dan tepat di depan benteng tersebut, seorang pahlawan nasional bernama Pattimura digantung, lebih tepatnya pada tanggal 6 Desember 1817.

tragedisosialdansejarah.blogspot.com/


Keunikan dari Benteng Victoria adalah di dalam benteng ini terdapat sisa-sisa meriam raksasa. Di beberapa ruangan terdapat patung-patung yang diukir dari kayu yang sangat indah, peta yang menunjukkan perkembangan kota Ambon dari abad ke-17 hingga ke-9 dan beberapa koleksi lukisan karya administrator  Belanda di Maluku. Sambil mengamati peninggalan ini, pengunjung dapat merekam kisah kelahiran dan perkembangan kota Ambon.

Sementara jalan di depan benteng atau yang biasa disebut "Victoria Boulevard" langsung menyambung ke bibir Ambon dengan Pantai Honipopu. Tepat di depan benteng, wisatawan dapat menyaksikan indahnya Teluk Ambon saat matahari terbenam, terutama saat matahari baru saja terbenam.


Penaklukan Benteng Victoria

Peristiwa ini dipicu oleh proklamasi Republik Maluku Selatan yang dipimpin oleh DR Robert Steven Soumokil pada tanggal 25 April 1950. Sejak saat itu, Presiden Soekarno memerintahkan operasi militer untuk menyatukan Maluku sebagai bagian dari Indonesia.

Setelah pendaratan dan pengepungan Ambon, terjadi pertempuran di sekitar Benteng Nieuw Victoria pada 3 November. , 1950. Pada akhirnya, tentara Indonesia mampu menguasai Benteng Nieuw Victoria Ambon, dan Republik Maluku Selatan akhirnya digulingkan.

Benteng Nieuw Victoria atau dikenal juga dengan Benteng Victoria terletak di Desa Uritetu, Kecamatan Sirimau, Ambon, Provinsi Maluku.

Penyunting: Afdhal Zikri, S.Pd (Ahli Pertama - Pamong Budaya)

Posting Komentar

0 Komentar

advertise

Menu Sponsor

Subscribe Text

Ikuti Channel YouTube Budaya Pijay