BU BRIANI


Budayapijay.or.id - Sebenarnya disetiap daerah yang ditempati oleh keturunan India hampir bisa dipastikan adanya nasi biryani, di Pidie Jaya khususnya nasi briyani ini berkembang pesat di Meureudu.Dimana di ibukota kabupaten ini terdapat desa yang dinominasi oleh keturunan India yaitu Gampong Dayah Kleng Meureudu. Nasi briyani di Meureudu bisa didapatkan saban hari yang dijual dipinggir jalan Iskandar muda dan jalan Revolusi, citarasanya khas dengan berbagai macam campuran rempah-rempah sehingga sangat menggugah selera.

Nasi briyani merupakan hidangan nasi yang dimasak bersamaan dengan bumbu rempah, salah satunya adalah nasi berlemak yang diperkaya dengan bumbu rempah,dengan warnanya yang kuning berasal dari kunyit dan rasa gurih berasal dari susu cair yang dimasak bersama beras, sementara wanginya dari daun salam,serai, kayu manis serta berbagai macam bumbu rempah lainnya.Biasanya nasi briyani ini dimakan dengan bebek panggang, sate kambing dan kuah dalicha.



Nasi briyani biasa juga dihidangkan pada saat acara-acara besar, seperti di hari pesta perkawinan, khitanan, maulid dan hajatan.

Penulis: Fitriana, S.Pd (Ahli Muda Pamong Budaya)

Posting Komentar

0 Komentar

advertise

Menu Sponsor

Subscribe Text

Ikuti Channel YouTube Budaya Pijay